Indonesia

Seni Bela Diri Tarung Derajat

Berbicara mengenai seni bela diri yang berada di Indonesia tentu saja banyak sekali. Ada pun salah satunya adalah Tarung Derajat. Mungkin mereka yang tidak tergabung didalamnya belum mengerti seni bela diri tersebut. Konon bela diri ini memadukan lima unsur daya gerak yakni kecepatan, kekuatan, keberanian, ketepatan bahkan juga keuletan. Pelajaran yang sangat menarik sekali untuk kita pahami. Dari sini jika anda tergabung dalam seni bela diri tersebut pastinya bakalan menguasai kelima unsurnya.

Olahraga tersebut mempunyai ciri khas tersendiri. Dimana sistem pembelaan diri memang terbilang cepat dan praktis. Konon seni bela diri tersebut berhasil tercipta berkat Achmad Dradjat. Gunanya tentu saja memberikan perlindungan diri dari beragam perbuatan yang tidak ada moralnya. Selain itu juga mampu meningkatkan suatu kehormatan pada diri sendiri serta keluarga. Olahraga bela diri ini sudah hadir di Indonesia sejak dahulu dan akhirnya dilestarikan sampai sekarang ini. Hanya saja kini banyak sekali jenis olahraga bela diri lainnya yang diminati banyak orang. Seperti halnya Judo, Karate, Taekwondo dan lain sebagainya. Kita sebagai generasi muda seharusnya mampu mengembangkan bela diri asli di Nusantara ini.

Peraturan, Penilaian Dan Prinsip Tarung Derajat

Perlu anda ketahui jika tarung derajat ini adalah olahraga seni bela diri yang terbilang efektif asal Indonesia. Achmad Dradjat memang sudah mengembangkan teknik tersebut melalui pengalaman yang sudah dihadapi setiap pertarungannya. Hingga akhirnya seni bela diri tersebut secara resmi diakui sebagai olahraga Nasional. Dimana sering dipergunakan untuk pelatihan dasar bagi TNI Angkatan Darat.

Olahraga tersebut lebih menekankan agresivitas gerakan penyerangan. Seperti halnya teknik menendang maupun memukul. Tentunya tidak terbatas hanya kedua teknik itu saja. Namun ada pula teknik bantingan, kuncian bahkan sapuan kaki. Dulunya seni bela diri tersebut bernama beladiri boxer. Hanya saja setelah melalui beragam pertimbangan akhirnya berganti nama juga. Kini juga tersedia berbagai macam peraturan dalam seni bela diri tersebut. Jika memang penasaran sebaiknya simak uraian berikut:

  1. Menang dikarenakan pihak lawan mengundurkan diri.
  2. Menang angka.
  3. Menang dikarenakan wasit memilih hentikan pertarungan.
  4. Memang dikarenakan roboh.
  5. Menang sebab pihak lawan sudah didiskualifikasi.

Dari sini pastinya anda sudah mengerti akan beragam peraturan yang ada pada seni bela diri tersebut. Selain itu seharusnya anda juga memahami bagaimanakah sistem penilaiannya. Jangan sampai muncul beragam pertanyaan terkait penilaian seni bela diri ini.

Adapun sistem penilaian yang diterapkan yakni:

  1. Serangan menggunakan kaki menuju arah muka diberikan nilai 3.
  2. Serangan menggunakan kaki menuju arah badan diberikan nilai 2.
  3. Serangan kaki sampai lawannya roboh diberikan nilai 4.
  4. Serangan menggunakan tangan menuju muka atau kepala diberi nilai 2.
  5. Serangan tangan menuju arah badan diberi nilai 1.
  6. Serangan menggunakan tangan menuju arah lawan sampai benar roboh diberikan nilai 3.

Ketika anda sudah mengetahui sistem penilaiannya. Maka setiap serangan yang dilakukan tentu saja mempunyai nilai tersendiri. Jadi sebaiknya anda memahami satu persatu setiap gerakan yang ada. Sehingga bisa memberikan penilaian saat terjadi pertandingan bela diri ini. Siapa sangka semakin lama peminat seni bela diri tersebut semakin banyak.

Sekarang anda pun juga perlu mengetahui sebetulnya apa prinsip dari seni bela diri tersebut, dimana prinsipnya memang memberikan penyerangan supaya menang. Falsafah dalam latihannya adalah aku berlatih hanya untuk mengalahkan diri sendiri bukan untuk dikalahkan orang lain. Sedangkan mottonya yakni aku ramah bukan berarti takut, aku tunduk bukan berarti takluk. Begitu menarik sekali ternyata prinsip sekaligus moto dari seni bela diri tarung derajat ini. Kini banyak masyarakat berkeinginan tergabung didalamnya.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *