bela diri indonesia
Bela Diri | Indonesia

Seni Bela Diri Murni Hasil Budaya Indonesia

Seharusnya kita mengerti jika seni bela diri murni hasil budaya Indonesia. Kita sebagai penerus bangsa harus melestarikannya. Seni bela diri memang salah satu kesenian yang timbul sebagai cara seseorang untuk mempertahankan diri. Hingga akhirnya seni itu pun bisa berkembang sampai dengan saat ini. Pada umumnya manusia memang mempunyai insting yang kuat untuk memberikan perlindungan pada dirinya. Ketika tumbuh maupun berkembang pastinya manusia tak bisa lepas dari beragam kegiatan fisiknya, Inilah yang bisa memacu beragam aktivitas fisik sepanjang waktu.

Dahulu kala sebelum hadir persenjataan modern, manusia memang mempertahankan dirinya hanya dengan tangan kosong. Dari situ pertarungan menggunakan tangan kosong pun semakin berkembang sebagai cara untuk bertahan maupun melakukan penyerangan. Hingga akhirnya seiring berjalan waktu muncul beragam persenjataan modern. Diman senjata tersebut dijadikan sebagai alat pertahanan diri. Pastinya seni bela diri murni hasil budaya Indonesia ini sudah tersebar sampai ke semua penjuru dunia. Bahkan hampir dari setiap negara memiliki seni bela diri yang telah berkembang didaerahnya masing-masing.

Jenis olahraga seni bela diri dari Indonesia

Kini anda pun harus mengerti sebetulnya apa saja jenis olahraga dari seni bela diri di Indonesia ini. Dari pada penasaran alangkah baiknya simak ulasan berikut:

  1. Pencak silat

Jika kita membicarakan mengenai pencak silat tentunya sudah tidak asing lagi dengan seni bela diri tersebut. Ada banyak sekali anak muda yang sudah tergabung didalamnya. Pencak silat menjadi salah satu seni bela diri tradisional asal Indonesia. Induk organisasi pun bernama Ikatan Pencak Silat Indonesia. Organisasi ini mampu mewadahi federasi pencak silat di berbagai negara. Seperti halnya Singapura, Indonesia, Malaysia bahkan juga Brunei Darussalam. Kini sudah ada sekitar 33 organisasi pencak silat yang ada di dunia. Hingga akhirnya silat pun menjadi cabang olahraga yang secara resmi dipertandingkan dalam ajang Asean Games. Pastinya pemenangnya merasa bangga menjadi pesilat yang tangguh. Apalagi seni bela diri ini juga terkenal memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jadi alangkah baiknya anda tergabung dalam seni bela diri ini.

  1. Tarung derajat

Jenis seni bela diri ini memang full body contact yang terbilang begitu praktis bahkan juga efektif asal Indonesia. Konon tarung derajat ini berhasil tercipta berkat Achmad Dradjat. Ia berhasil mengembangkan teknik melalui pengalaman dari setiap pertarungan saat berada di jalanan. Hal itu terjadi sekitar tahun 1960-an berada di Bandung. Hingga akhirnya seni bela diri ini secara resmi memang diakui sebagai olahraga nasional yang sering dijadikan sebagai latihan dasar pada anggota TNI Angkatan Darat.

Konon tarung derajat ini memberikan penekanan pada agresivitas serangan dalam menendang maupun memukul. Tetapi tidak terpaku hanya pada kedua teknik itu saja. Kenyataannya masih ada beberapa teknik lain yang mampu dipergunakan. Baik itu teknik kuncian, bantingan, sapuan kaki dan lain sebagainya. Jika memang tergabung dalam organisasi ini sebaiknya anda mempelajarinya lebih mendetail. Jadi nantinya bisa merasakan beragam manfaat dari seni bela diri tersebut.

Sekitar tahun 1990-an tarung derajat akhirnya disempurnakan sebagai olahraga. Tahun 1998 secara resmi menjadi anggota dari KONI. Semenjak itu seni bela diri ini mempunyai tempat di acara Pekan Olahraga Nasional. Menariknya kini mereka sudah mempunyai sub organisasi yang tersebar di 22 provinsi yang berada di Indonesia. Setelah diperkenalkan sekitar tahun 2011 pada SEA Games di Palembang. tarung derajat pun secara resmi ikut serta dalam SEA GAMES.

Itulah tadi pembahasan sekilas mengenai seni bela diri murni hasil budaya Indonesia. Semoga saja bisa memberikan banyak ilmu kepada pembaca hingga akhirnya berencana tergabung dalam salah satu seni bela diri tersebut.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *