tai chi
Bela Diri

Mengenali Lebih Jauh Seni Bela Diri Tai Chi

Jika kita membicarakan tentang seni bela diri pastinya ada banyak ragamnya. Bukan hanya di Indonesia namun China pun juga memiliki seni bela diri terkenal di dunia yakni Tai Chi. Tentu saja ini bukan hanya sekedar seni bela diri biasanya. Sebab seni bela diri Tai Chi ini sudah masuk dalam kategori olahraga sekaligus tarian yoga. Dari sini kita pun bisa membayangkan betapa menariknya setiap gerakan yang ada didalamnya. Siapapun orangnya pasti bakalan tertarik dengan seni bela diri tersebut.

Konon Tai Chi sudah hadir sejak tahun 2000. Dimana seni bela diri tersebut begitu erat sekali dengan yang namanya ajaran Taoisme. Dimana ajaran ini merupakan ajaran filsafat yang asalnya dari China Kuno. Taichi ternyata berhasil tercipta oleh seorang biarawan yang menjadi penganut taoisme. Namanya adalah Zhang San Feng. Dari cerita rakyat yang sudah popular ternyata Zhang San Feng ini menemukan sebuah gagasan mengenai Taichi saat ia menetap di sebuah pegunungan Wudang tepatnya Provinsi Hubei, China.

Gagasan tersebut berhasil didapatkan setelah ia menyaksikan sebuah perkelahian yang terjadi antara seekor ular dan bangau. Dari situ Feng terus saja mengamati teknik pertarungan antara kedua binatang itu. Hingga akhirnya bisa diadaptasi dalam urutan gerakan yang menarik. Hingga akhirnya lahirlah seni bela diri Tai Chi ini.

Kesederhanaan Legenda Seni Bela Diri Tai Chi

Ada lagi legenda lain mengenai seni bela diri tersebut. Dimana Wang yang menjadi murid Zhang San Fang melakukan sebuah perjalanan menuju desa Chen. Wang menghina beberapa penduduk pedesaan itu sebab mempunyai seni bela diri yang terbilang buruk. Karena perkataan itu akhirnya penduduk desa tidak mau terima begitu saja. Hingga akhirnya melakukan penyerangan kepada Wang. Meskipun memang terbilang kalah dari segi jumlah namun Wang ternyata meraih kemenangan. Pada akhirnya ia pun bisa menjadi seorang guru bela diri di semua desa. Sebetulnya nama Taichi ini asalnya dari sebuah istilah China Kuno yang memang termuat dalam sebuah kitab Perubahan.

Tak bisa dipungkiri lagi jika filosofi seni bela diri Tai Chi ini memang sederhana sekali. Tetapi begitu mendalam bahkan sudah dianggap sebagai gagasan yang terdiri atas dua kekuatan bertentangan. Seperti halnya Yin dan Yang. Hanya saja memang selaras antara satu dengan yang lainnya sehingga mampu tercipta satu keseluruhan. Tai Chi pun konon sering dipergunakan dalam penggambaran luasnya alam semesta ini.

Sekarang ini Tai Chi sudah mempunyai beberapa bentuk dan aliran. Salah satu yang kini sudah popular adalah Tai Chi Chuan Chen diciptakan oleh Chen Wangting. Dimana ia meripakan seorang jenderal yang berasal dari Dinasti Ming. Tai Chi Chuan Chen ini memang salah satu dari empat aliran yakni Wu Style, Yang Style, Sun Style maupun Woo Style. Tentunya bukan hanya itu saja alirannya namun masih banyak sekali jenis aliran lainnya.

Photo by Sajad Nori on Unsplash

Perlu anda ketahui juga jika Tai Chi ini memang dikategorikan sebagai Qigong atau seni bela diri yang telah memadukan pernapasan serta keterampilan energo. Meskipun pada awalnya Taichi hanya sekedar seni bela diri. Ternyata Taichi sekarang menjadi bentuk latihan yang mampu berikan banyak manfaat bagi kesehatan. Semenak abad yang ke 19 masyarakat China pun sudah paham terkait manfaat dari seni bela diri tersebut. Inilah yang menjadikan Tai Chi sudah dipraktekkan hamper setiap sudut dunia. Pastinya seni bela diri tersebut mampu perbaiki kualitas kesehatan anda. Semoga saja yang belum mengenalnya setelah membaca sekilas mengetahui bagaiman sejarah seni bela diri ini. Dimana Tai Chi kini diminati banyak orang dengan gerakan yang terbilang unik dan khusus. Apalagi Tai Chi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *