tinju indonesia
Indonesia | Tinju

Daftar Petinju Indonesia yang Terkenal dan Menjadi Juara Dunia

Tinju salah satu seni bela diri yang sudah dikenalkan pertama kali saat gelaran Olimpiade kuno pada abad ke 7. Pada waktu itu tangan para petinju belum menggunakan sarung tangan, melainkan kulit lembu. Selain itu penggunaan kulit lembu ini juga digunakan sebagai pelindung lengan.

Olahraga tinju sendiri sangat populer di Indonesia. Berkat olahraga tinju ini mampu mengharumkan Indonesia di kancah dunia. Banyak sekali petinju Indonesia terkenal yang mampu meraih prestasi bahkan sampai menjadi juara dunia.

Daftar Atlet Tinju yang Mengharumkan Indonesia

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa petinju Indonesia terkenal yang berhasil meraih prestasi tertinggi hingga berhasil meraih juara dunia. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini:

  1. Ellyas Pical

Ellyas Pical merupakan salah satu atlet tinju dari Indonesia yang berhasil meraih prestasi tertinggi sebagai juara dunia. Ellyas menjadi petinju yang mulai aktif sebagai petinju profesional sejak 1982 sampai 2000. Ellyas berhasil meraih sabuk juara dunia pada tahun 1985 di Jakarta.

Ellyas merupakan petarung yang berasal dari Saparua, Maluku dan lahir pada tanggal 24 Maret 1960. Petarung ini berhasil meraih juara dunia di kelas super IBF dan berhasil mengalahkan Ju Do Chun dengan menang KO.

Ellyas sebagai petarung yang hebat sudah melakoni 26 pertarungan hebat. Ellyas berhasil memenangkan 20 pertandingan dan 5 kali mengalami kekalahan.

  1. Muhammad Rachman

Muhammad Rachman merupakan salah satu petarung hebat yang berasal dari Merauke, Papua. Rachman mulai menjalani sebagai atlet tinju profesional sejak 1993 hingga 2016. Dia berhasil meraih juara dunia di kelas mini IBF di tahun 2004. Muhammad Rachman berhasil mengalahkan Daniel reyes dari Kolombia setelah menang angka.

Rachman mampu bertahan menjadi juara dunia dikelas mini IBF selama 3 tahun. Atas raihannya tersebut dirinya sampai mendapatkan julukan predator. Sampai akhirnya Rachman harus mengakui kekuatan Florente Condes asal Filipina di tahun 2007.

Walau mengalami kekalahan, Rachman yang usianya sudah 40 tahun berhasil memberikan kejutan dengan meraih juara dunia di kelas WBA. Bahkan Rachman berhasil menang KO atas Ekkawit Songnui petinju asal Thailand.

  1. Nico Thomas

Nico Thomas merupakan salah satu petarung hebat yang berasal dari Ambon Muluku. Petarung kelahiran 10 Juni 1966 ini memulai kariernya sebagai petinju amatir. Nico Thomas sebagai petinju amatir berhasil meraih medali perak di SEA Games 1985. Tidak sampai disitu saja, Nico berhasil meraih medali emas pada ajang Piala Presiden di tahun 1986.

Perjalanan karier Nico tidak hanya sampai disini saja, dirinya berhasil meraih sabuk juara dunia di kelas mini IBF. Nico Thomas berhasil mengalahkan juara bertahan Samuth Sithnaruepol.

Nico sudah melakoni 58 pertarungan dengan hasil 29 kali menang dan 23 kali kalah, serta mengalami seri sebanyak 6 kali.

  1. Chris John

Chris John merupakan salah satu petarung yang terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Chris Jhon yang dijuluki the dragon ini petinju asal Banjarnegara, Jawa Tengah. Chris John mengawali khariernya sebagai petinju mulai tahun 1998 sampai 2013.

The Dragon berhasil meraih juara dunia di kelas Bulu WBA super. Menariknya lagi Chris John mampu mempertahankan gelar juara di kelas Bulu WBA mulai dari tahun 2004 sampai 2013.

  1. Daud Yordan

Daud Yordan merupakan salah satu petinju tanah air yang paling bersinar dengan meraih juara dunia 3 kelas yang berbeda. Daud Yordan pertama kali menjadi petinju profesional sejak tahun 2005.

Yorda berhasil meraih juara dunia pertama di kelas Bulu IBO tahun 2012, juara dunia kelas ringan IBO 2013. Yorda juga berhasil meraih juara dunia kelas ringan super IBA 2019.

Kemenangan di pertarungan tinju

Demikianlah penjelasan mengenai daftar petinju Indonesia terkenal yang berhasil meraih gelar juara dunia. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda tentang petinju hebat di Tanah Air.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *