Daftar Alat-Alat Latihan Tinju yang Berkualitas

D

Olahraga tinju merupakan salah satu seni bela diri yang sudah sangat populer dari jaman dulu hingga sekarang. Seni bela diri ini sangat digemari di kalangan masyarakat termasuk di Indonesia. Seni bela diri ini memiliki perbedaan dengan yang lainnya, kalau olahraga tinju ini hanya mengandalkan kekuatan tangan.

Nah, dalam setiap cabang olahraga seperti tinju ini pastinya ada alat penunjang untuk memaksimalkan olahraga tersebut. Olahraga tinju ini juga memiliki alat penunjang yang digunakan saat bertanding dan alat latihan tinju. Nah, dengan demikian para atlet sudah terbiasa untuk melakukan pertandingan tinju secara maksimal.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai daftar alat latihan tinju yang harus dimiliki agar bisa berlatih secara maksimal. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini:

  1. Tali Skipping

Tali skipping merupakan salah satu alat latihan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang keberhasilan stamina tubuh. Selain dengan tali skipping para atlet bisa melatih kelenturan tubuh dan otot-ototnya.

Para atliet tinju wajib memiliki tali skipping untuk proses latihan. Terlebih alat ini harganya sangat terjangkau sehingga bisa dimiliki dengan mudah. Latihan skipping selain bisa menambah stamina juga bisa melatih kelincahan para petinju saat bertarung di ring.

  • Samsak

Kalau anda ingi berlatih tinju harus memiliki samsak. Kini sudah banyak sekali jenis dan model samsak, smeua itu tergantung selera anda. Samsak harganya bisa mahal karena kualitas bahan dan ukuran yang ditawarkan.

Samsak memang sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan latihan tinju. Samsak sangat dibutuhkan karena akan dijadikan sebagai sasaran pukulan. Selain itu digunakan untuk meningkatkan kerasnya pukulan.

  • Head Guard

Head guard merupakan salah satu alat yang digunaan untuk mengurangi resiko cidera. Para petinju profesional jarang menggunaan head guard. Para petinju amatirlah yang sering menggunakan head guard sebagai pelindung kepala. Head guard ini bisa dipakai saat latihan dan bisa juga digunakan saat pertandingan di kelas amatir.

  • Hand Wrap

Hand Wrap merupakan sebuah kain panjang yang fungsinya dililitkan pada lengan para petinju. Semua atlet tinju wajib menggunakannya untuk mengurangi resiko pergeseran tulang dan otot saat melakukan pukulan keras kepada lawan.

  • Gloves atau sarung tinju

Gloves atau sarung tinju ini akan digunakan ketika petinju sudah selesai menggunakan hand wrap. Gloves yang digunakan para petinju ini memiliki berat yang berbeda berdasarkan berat badannya. Petinju yang memiliki berat badan diatas 165 pound akan menggunakan sarung tangan dengan berat 12 ons. Sementara dibawah 165 pound akan menggunakan sarung tangan dengan berat 10 ons.

  • Gamsil atau pelindung gigi

Gamsil merupakan alat latihan tinju yang wajib digunakan untuk melindungi gigi dan mulut. Gamsil ini terbuat dari karet yang akan meminimalisir cidera seperti gigi patah atau lepas hingga pendarahan pada mulut.

  • Ring tinju

Peralatan tinju yang mendukung proses latihan adalah adanya ring tinju. Ukuran ring tinju ini pun berbeda-beda berdasarkan kelasnya. Ring untuk tinju profesional memiliki ukuran sekitar 7 meter. Kalau ring untuk ukuran petinju amatir ini sekitar 6 meter. Ukuran ring berbeda, hal ini bertujuan untuk memudahkan para petinju untuk menyesuaikan diri.

  • Pelindung kemaluan

Groin Protector atau pelindung kemaluan merupakan salah satu alat yang harus digunakan para petinju saat berlatih maupun bertarung. Sesuai namanya groin protector ini sangat penting digunakan untuk melindungi kemaluan para petinju dari pukulan keras lawan.

Sebenarnya dalam olahraga tinju ini dilarang keras memukul area bahwa perut. Semua itu dilakukan untuk memilimalisir pukulan nyasar di kemaluan.

Wanita petinju

Demikianlah penjelasan mengenai daftar alat yang digunakan saat latihan dan pertarungan tinju baik profesional dan amatir. Semoga dengan adanya penjelasan ini anda  bisa menyiapkan semua alat tersebut demi menjaga keselamatan saat melakukan olahraga tinju.

About the author

Ellis Purnawati

Add comment

By Ellis Purnawati

Recent Posts