canelo alvarez
Tinju

Biodata dan Profil Canelo Alvarez Lengkap

Canelo Alvarez merupakan salah satu petinju profesional yang berasal dari negara Meksiko. Canelo lahir di Guadalajara, Jalisco, Meksiko. Canelo sebagai petinju sudah berhasil meraih juara dunia 4 kali. Canelo di tahun 2018 telah berhasil meraih gelar menengah WBA, lineal, The Ring, dan kelas super WBA.

Sebelumnya Canelo juga sudah berhasil memenangkan pertarungan di kelas WBC di tahun 2011 dan 2013. Diantara tahun 2015 sampai 2019 Canelo berhasil meraih gelar kelas menengah WBO. Canelo terus memperlihatkan kemampuannya dengan menjadi juara di kelas berat ringan WBO 2019.

Canelo Alvarez berhasil keluar menjadi pemenang karena mampu memanfaatkan celah pertahanan lawan. Selain itu Canelo juga memiliki kemampuan dalam menghindari pukulan lawan. Atas prestasinya canelo Alvarez berhasil dinobatkan sebagai petinju aktif yang terbaik di dunia.

Perjalanan Karier Canelo Alvarez Sebagai Petinju Kelas Dunia

Canelo Alvarez salah satu petinju yang mengawali kariernya sebagai petinju amatir. Dirinya sudah mulai terjun di dunia tinju sejak masih usia 13 tahun. Ketertarikan Canelo dimulai sejak nonton pertandingan kakaknya Rigoberto menjadi petinju profesional.

Canelo menjadi petinju amatir dengan memenangkan medali perak di kejuaraan Nasional junior Meksiko pada tahun 2004. Dia berhasil meraih juara tinju Nasional junior pada tahun 2005. Canelo selama menjadi petinju amatir sudah melewati 42 pertarungan yang 12 diantaranya sebagai pemenang.

Pada usia 15 tahun Canelo Alvarez berhasil menjadi salah satu petinju profesional. Menjadi petinju profesional di awal awal, dia mampu mengalahkan 11 lawannya dan 2 kalah. Tentunya semua lawan-lawannya lebih tua darinya.

Canelo Alvarez ini walau usianya masih mudah sudah bertarung 10 kali lebih banyak dari para lawan-lawannya dengan hasil KO. Pertarungan resmi selanjutnya Canelo Alvarez berhasil memenangkan Miguel Vazquez di tahun 2006. Canelo Alvarez dan Miguel Vazquez melakukan pertarungan ulang pada tahun 2008 namun tetap saja Canelo pemenangnya.

Canelo Alvarez dan keenam saudaranya pernah membuat sejarah dunia bertarung di malam yang sama. Canelo Alvarez berhasil mengalahkan Luciano Leonel Cuello di kelas ringan WBC Silver dengan kemenangan TKO. Atas kemenangan tersebut penyanyi Meksiko Vicente Fernandez memberi harias kuda kepada Canelo Alvarez.

Bertarung di kelas menengah ringan, Canelo Alvarez akan bertarung melawan Carlos Baldomir di Los Angles. Boldomir mengatakan ingin pemenang antara Mora vs Mosley. Sementara Boldomir memiliki berat badan 153,4 lbs sementara yang dikontrak 151lbs. Nah, dengan kelebihan berat badan membuatnya harus dihukum 20% persentase untuk lawannya. Canelo Alvarez menolak menerima tambahan tersebut.

Pertarungan pun dimulai dan Canelo Alvarez berhasil melesakkan pukulan telak yang membuat Baldomir KO. Canelo Alvarez berhasil mempertahankan gelar sebagai juara kelas menengah ringan.

Saat ini Canelo Alvarez menjadi salah satu petinju legenda Meksiko yang penuh dengan prestasi membanggakan. Tidak salah kalau Canelo Alvarez akan menjadi legenda Meksiko seperti Humberto Gonzales, Juam manuel Marquez, Erik Morales, Julio Cesar Chavez dan lainnya.

Terlebih di usia muda, Canelo Alvarez sudah berhasil menjadi juara di kelas menengah yunior WBC. Dirinya menang mutlak atas petinju Matthew Hatton pada tahun 2011. Ketika pertarungan untuk mempertahankan dua gelar, Canelo Alvarez harus mengakui kehebatan mega bentan Floyd Mayweather. Pertarungan seru ini berlangsung di MGM Grand Arena.

Saat masih mempertahankan gelar menang KO atas Amir Khan, pihak WBC meminta tarung wajib dengan petinju Gennady Golivkin. Akhirnya Canelo Alvarez pindah di kejuaraan dunia menengah yunior WBO. Pertarungannya melawan Liam Smith berhasil mengalahkan Liam Smith di ronde ke 9 dengan menang KO.

Demikianlah seputar tentang profil canelo Alvarez sebagai petarung hebat yang berasal dari Meksiko. Canelo Alvarez sudah berhasil mencatatkan rekor dari 50 pertarungan yang dilakoninya 34 pertarungan berhasil menang KO. Semoga dengan adanya penjelasan ini bisa menambah wawasan anda.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *